Blora Vespa Noise

Bisa jadi agenda tahunan wisata komunitas

Komunitas vespa datang dari berbagai kota di Pulau Jawa ke Kota Blora untuk memeriahkan acara Blora Vespa Noise. Konser Tony Q Rastafara menjadi magnetnya. Bisa menjadi agenda rutinan untuk menyedot wisatawan komunitas ke Kabupaten Blora.

SEKELOMPOK orang-orang tua duduk di atas tikar di area pinggiran sebuah acara. Usia mereka rata-rata di atas 60 tahun. Tapi ada juga seorang muda berusia 33 tahun duduk di antara mereka. Mereka berasal dari berbagai kota. Ada yang dari Banyuwangi, Sukoharjo, Solo, Semarang, juga Pekalongan. Menyusul duduk melingkar, Bang Tigor yang datang dari Jepara.

"Kami itu tergabung dalam petualang orang tua gila scooter," kata Pak Embes dari Banyuwangi, berusia 66 tahun, yang kemudian menyebut nama Portugis sebagai nama singkatan dari petualang orang tua gila scooter.

Portugis adalah satu dari sekian klub vespa yang berdatangan ke Blora sejak Jumat, 4 November 2022. Klub-klub ini datang untuk melepas rindu dengan komunitas vespa Blora yang kebetulan bikin acara berjudul Blora Vespa Noise #1 yang dimeriahkan dengan konser Tony Q Rastafara, artis musik indie yang menjadi icon musik reggea di Indonesia.

"Tapi kami datang bukan karena ada konser Tony Q, tapi lepas kangen dengan sedulur-sedulur Blora," kata Eko Yulianto yang datang dari Solo. Eko termasuk yang muda yang bergabung dengan orang-orang tua yang terkumpul dalam Portugis.

Bang Tigor yang merupakan sesepuh komunitas vespa di Jepara mengatakan, ikatan persaudaraan komunitas vespa di Indonesia sangat kuat. Mereka akan selalu siap mengunjungi acara yang diadakan komunitas di kota manapun, termasuk Blora. Selain kunjungan kekeluargaan, mereka sekaligus melakukan kunjungan wisata.

"Jadi termasuk jalan-jalan juga," kata Bang Togor merujuk pada kunjungan wisata.

Bambang Kusdiarto, pimpinan produksi Blora Vespa Noise #1 mengatakan, acara yang dihelat di kawasan lapangan golf Blora selama 2 hari, 5-6 November 2022 merupakan acara pertama dari jadi satunya wadah komunitas klub motor vespa di Kabupaten Blora. Ada belasan klub motor vespa di wilayah Kabupaten Blora yang sepakat untuk diwadahi jadi satu dengan ketuanya Slamet Pamudji. Selanjutnya untuk tahun-tahun mendatang, wadah ini yang akan menggelar agenda tahunan Blora Vespa Noise.

"Makanya ada tagar (#) angka 1. Tahun depan tagar angka 2," katanya.

Dengan agenda tahunan ini, komunitas vespa bisa menjadi segmen wisata tersendiri.

Puncak acara Blora Vespa Noise dimeriahkan dengan penampilan Tony Q Rastafara. Gemuruh suara menyanyikan lagu yang ditampilkan mewarnai konser yang digelar pada Sabtu malam, 5 November 2022. Bupati Blora Arief Rohman bersama wakilnya, Tri Yuli Setyowati ikut menonton konser hingga selesai. Bahkan Mbak Etik, panggilan akrab Wakil Bupati Blora turun ikut bergoyang menyaksikan konser dari depan panggung.

Konser Tony Q Rastafara memang menjadi magnet tersendiri dalam menyedot komunitas dari berbagai daerah, mulai dari bagian barat Pulau Jawa hingga ujung timur. Beberapa komunitas datang sehari sebelumnya dan mendirikan tenda menginap.

Sebelum dipuncaki konser Tony Q Rastafara pada malam harinya, Blora Vespa Noise #1 diramaikan dengan penampilan band-band lokal yang beraliran musik rock, ska, hingga reggea. Band lokal yang tampil ini antara lain: Ska Boxer, Rock in Back, Potlot, Anti Kuman, Jimbe Rasta dari Lasem, Coming Back dari Rembang. Sementara band pembuka konser Tony Q Rastafara adalah Violent dari Blora dan Panuntun dari Cepu.